Rabu, 05 April 2023

Religiusitas Satuan Pendidikan

 اِنَّ هٰذَا الْقُرْاٰنَ يَهْدِيْ لِلَّتِيْ هِيَ اَقْوَمُ وَيُبَشِّرُ الْمُؤْمِنِيْنَ الَّذِيْنَ يَعْمَلُوْنَ الصّٰلِحٰتِ اَنَّ لَهُمْ اَجْرًا كَبِيْرًاۙ

Artinya: Sungguh, Alquran ini memberi petunjuk ke (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang mukmin yang mengerjakan kebajikan, bahwa mereka akan mendapat pahala yang besar.” (QS. Al-Isra' ayat 9)

Al-Qur’an adalah pedoman dan petunjuk bagi umat Islam. Seorang muslim yang beriman harus bisa membaca Al-Qur’an dengan baik, jelas dan lancar sesuai dengan hukum tajwid. Karena pahala yang didapatkan akan lebih besar apabila kita dapat membaca al-Qur’an dengan lancar sesuai tajwid atau hukum bacaan di dalamnya.

Al-Quran telah melakukan proses penting dalam pendidikan bagi murid sejak diturunkannya wahyu pertama ayat dalam surat Al-Alaq yang mengajak seluruh umat manusia untuk meraih ilmu pengetahuan melalui pendidikan membaca yang dikenal denganiqro”.

Dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an, seluruh siswa SDN 2 Kundisari Kecamatan Kedu bersama Wali Kelas masing-masing, dari hari Senin sampai dengan Kamis sebelum proses pembelajaran dimulai, membaca dan menghafal surat-surat pendek selama kurang lebih 15 menit. Selain itu, dilaksanakan pula kegiatan melantunkan asmaul husna, sholawat, dan membaca surah pendek yang rutin dilakukan setiap hari Jum’at bersama-sama seluruh siswa dengan didampingi seluruh guru SDN 2 Kundisari Kecamatan Kedu di halaman sekolah.

Hal ini sejalan dengan Visi yang dimiliki SDN 2 Kundisari Kecamatan Kedu yang merujuk pada tujuan pendidikan nasional yang tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3, sebagai berikut: “Mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab”. Adapun visi SDN 2 Kundisari Kecamatan Kedu adalahTerwujudnya “Inspire School” yaitu sekolah yang dapat mengispirasi satuan pendidikan lainnya”.



Kegiatan rutin membaca al-Qur’an ini, merupakan salah satu wujud pelaksanaan indikator misi SDN 2 Kundisari poin enam yang berbunyiMeningkatkan mutu ketakwaan warga sekolah dalam kehidupan sehari-hariyaitu perwujudan elemen Visi : Religious (bertakwa).

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk penanaman pendidikan karakter dan pembentukan akhlak mulia yang dilakukan melalui pembiasaan membaca al-Qur’an di sekolah. Dengan dilaksanakannya kegiatan rutin membaca al-Qur’an ini, diharapkan seluruh siswa SDN 2 Kundisari mampu membaca al-Qur’an dengan baik dan lancar sesuai kaidah ilmu tajwid, serta siswa mempunyai karakter religius yang berakhlak mulia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungan SDN Gebang 1 Kecamatan Bonang ke SDN 2 Kundisari Kecamatan Kedu

Dalam rangka membangun jejaring kerjasama di bidang implementasi PSP dan GPBLHS di satuan pendidikan, SDN Gebang 1 Kecamatan Bonang Kabupate...