Rabu, 18 Oktober 2023

PMO Level Sekolah

Untuk mewujudkan transformasi ke arah program pendampingan yang berkelanjutan, pada tahun pelajaran 2023/2024 dilaksanakan proses transisi kegiatan PMO level sekolah. Proses transisi ini dimulai dari perubahan tanggung jawab pelaksana dan pelapor PMO level sekolah dari fasilitator ke kepala sekolah pelaksana PSP. Melalui transisi ini, diharapkan agar PMO level sekolah dapat dilaksanakan secara rutin dan mandiri oleh sekolah dengan berdasarkan prinsip reflektif dan berfokus pada kebutuhan murid.

PMO merupakan kegiatan pertemuan rutin komite pembelajaran (kepala sekolah, guru, dan pengawas sekolah) di setiap satuan pendidikan yang bertujuan untuk menemukan akar masalah terkait hasil belajar murid dan menentukan solusi penyelesaian masalah. Pelaksanaan PMO level sekolah berfungsi sebagai wadah untuk membangun budaya refleksi di satuan pendidikan dan memantau progres pencapaian tujuan Program Sekolah Penggerak.

Pelaksanaan PMO level sekolah dilakukan secara berkelanjutan berbentuk siklus agar diskusi PMO menjadi kegiatan yang solutif dan berkesinambungan dari waktu ke waktu:

1.   Tahap Pertama

Refleksi pembelajaran berbasis peserta didik

Kepala Sekolah berdiskusi dan refleksi dengan guru mengenai kendala yang dialami oleh sekolah dari hasil pembelajaran siswa menggunakan berbagai sumber data:

a.   Hasil asesmen peserta didik

b.   Hasil penilaian pembelajaran,

c.   Rapor Pendidikan, dan

d.   data lain yang relevan.

2.   Tahap Kedua

Sekolah  menemukan akar masalah

Setelah berefleksi, sekolah berdiskusi untuk menemukan akar masalah yang dianggap prioritas untuk diselesaikan di akhir diskusi

3.   Tahap Ketiga

Sekolah menyepakati solusi

Sekolah menyepakati solusi dengan memilih topik dan subtopik yang akan menjadi bahan diskusi untuk memantau perkembangan pelaksanaan program berdasarkan tiga hal:

a.   Apakah solusi tersebut sangat penting?

b.   Apakah solusi tersebut dapat dilakukan dalam waktu 6 bulan?

c.   Apakah solusi tersebut mendukung ketercapaian tujuan dan target?

4.   Tahap Keempat

Sekolah melakukan implementasi

Setelah solusi ditentukan, sekolah melakukan langkah strategis sebagai tindak lanjut dari solusi yang disepakati tersebut.

Penanggung jawab PMO level sekolah harus mampu memandu pemilihan topik dan subtopik saat PMO level sekolah, sesuai dengan relevansi akar masalah yang dihadapi satuan pendidikan. Pemilihan topik dan subtopik hanya dilakukan pada pelaksanaan PMO sekolah pertama dan keempat saja, dengan menentukan maksimal dua pilihan subtopik. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar pembahasan PMO sekolah dapat berfokus pada hal-hal penting dalam mengatasi akar masalah yang terjadi di sekolah dalam periode waktu tertentu (satu semester). Berikut ini pilihan topik PMO level sekolah:

1.   Manajemen pengembangan sekolah;

2.   Implementasi pembelajaran di kelas;

3.   Iklim keamanan dan inklusivitas

4.   Peningkatan Kapasitas Guru.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kunjungan SDN Gebang 1 Kecamatan Bonang ke SDN 2 Kundisari Kecamatan Kedu

Dalam rangka membangun jejaring kerjasama di bidang implementasi PSP dan GPBLHS di satuan pendidikan, SDN Gebang 1 Kecamatan Bonang Kabupate...